Rakuten Resmikan Program MicroB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rakuten sebagai salah satu marketplace e-commerce mendukung bisnis mikro di Indonesia dengan meluncurkan program MicroB. Dengan bergabung di MicroB, UKM-UKM di Indonesia juga bisa bergabung dengan marketplace Rakuten secara gratis.

Menurut Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online, program MicroB menunjukkan komitmen Rakuten dalam membantu meningkatkan ekonomi dan memberdayakan bisnis kecil dan menengah di Indonesia.

Hashimoto mmenambahkan, saat ini sektor UKM menyumbang pendapatan terbesar bagi perekonomian negara, kontribusinya lebih dari 50 persen.

Namun, UKM-UKM tersebut memiliki kendala dalam memasarkan produk-produknya secara online, terutama dalam hal biaya.

"Hingga saat ini segmen bisnis terbesar di negara ini masih kekurangan dana untuk beralih dari offline ke online," ujar Hashimoto saat acara jumpa media di Jakarta, Kamis (2/10/2014).

"Dengan membebaskan biaya bergabung dan menjual produknya di Rakuten, maka program MicroB akan membantu mereka menjual produk mereka ke pelanggan di seluruh Indonesia," imbuh Hashimoto.

UKM yang bergabung dengan program MicroB akan mendapatkan dukungan dari Rakuten Merchant System, penyimpanan 100 MB, kuota jaringan gratis, serta kemampuan mengunggah 100 produk dalam jangka 6 bulan.

Untuk bergabung dengan program MicroB, UKM bisa mendaftarkan diri di situs Rakuten Belanja Online.

Rakuten akan melakukan seleksi dan verifikasi data yang diberikan oleh merchant, dan memastikan bahwa bisnis tersebut terpercaya menjual produk asli. Proses verifikasi ini membutuhkan waktu hingga 10 hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat perusahaan penyewaan mobil

Seminggu Penuh Mode

Kesan Pertama Menggenggam Oppo N3